MAKANAN KHAS KOREA SELATAN

B

IBIMBAP

Ini dia Makanan yang paling sering muncul di drama – drama Korea. Setiap nonton Drma Korea makanan yang satu ini pasti gak pernah ketinggalan, selalu muncul dan bikin kita ngiler. Apalagi kalau ngeliat eksspresi pemainnya yang lagi makan Bibimbap itu . Bibimbap, atau biasa di ssebut nasi campur, adalah salah satu makanan khas Korea yang isinya nasi putih dan sayur – sayuran  yang dicampur jadi satu di dalam sebuah mangkuk. Nama Bibimbap sendiri berasal dari kata Bibim yang artinya campur dan Bap yang artinya nasi .

Sayuran atau isi yang biasanya dicampur satu bikin Bibimbap itu adalah timun Jepang yang dipotong kecil – kecil kayak jamur, gosari, selada dan juga rumput laut kering\nori. Selain sayuran, bahan campuran bibimbap, ada daging sapi dan telur mentah. Tapi kalau emang gak ada nasi, bisa diganti sama ayam. Karena namanya nasi campur, makanya semua bahan – bahannya diaaduk sampai merqta .

Bibimbab juga pakai sambal yang namanya Gochujang atau pasta cabai. Smbel ini yang bikin warna Bibimbap jadi merah dan rasanya sanga pedas. Bibimbap bisa disimpan di kulkas, soalnya makanan ini biasanya di kulkas, soalnya makanan ini bisa dimakan saat penas ataupun dingin. Tapi biasanya disebut Dolsot Bibimbap  (mangkuk panas bibimbap). Dan panas dari dolsot iniolah yang bikin telur mentah yang dicaampur jdi matang. Jadi ita gank perlu nyuum bau amis di makanan ini .

J

AJANGMYUN

Semua orang pasti pengen kalau ngeliat Jajangmyun, Mie hitam dari Korea. Kenapa disebut Mie hitam. Soalnya Mie ini sangat unik. Bumbunya terbuat dari kacang kedelau hitam atau di indonesia lebih kenal dengan nama tauco hitam. Karena warna mMie yang sangat hitam, banyak masyarakat Korea yang menyebut makana ini sebagai Mie kegelapan. Sebenarnya Jajangmyun itu adalah mie khas Beijing yang diadaptasi ke cita rasa Korea. Tapi sekarang kayanknya Jajangmyun lebih terkenal sebagai makanan dari Korea .

Selain bumbu Jajangmyun yang unik, bentuk Mienya juga beda dari bentuk Mie yang biasa. Mie dari Korea ini bentuknya lebih lebar dan warnanya putih. Di dalam Jajangmyun juga ada sayuran dan isi lainnya, kayak sawi, kentang, bawang bombay, daun bawang dan juga daging sapi. Pokoknya dijamin enak ddan sehat banget, mie hitam yang satu ini. Jajangmyun juga bukan mie biasa, soalnya mie ini punya tempat sendiri di hati masyarakat Korea. Jajangmyun itu jadi makanan khas setiap Back Day .

Apa itu Black day ?, Black Day adalah setiap tanggal 14 April. Jadi setiap tahunnya pas Black Day, semua jomblo, baik cewek ataupun cowok, jalan bareng – bareng dan makan Jajangmyun beramai – ramai. Nama Balck Day sendiri itu berasal dari warna Jajangmyun yang sangat hitam seta atmosfer para jomblo yang gelap😀 .

D

DEOKBOKKI

Ddeokbokki atau yang lebih gampang diseut  Topokki adalah jajanan yang biasanya ada di pinggir jalanan di Korea. Topokki biasa disebut snack soalnya bisa dimakan kapan saja dan dimana saja. Kalau memeang lagi mau ngemil atau ngunyah makanan, biasanya masyarakat Korea lansung nyari Topokki. Jadu sudah jelas dong,, kalau Topokki itu adalah jajanan khas di Korea .

Topokki kadang juga disebut ssebagai kuw beras soalnya makanan ini terbuat dari tepung beras. Bentuklonjong dan panjang, kalau dimakan bakalan terasa kenyal saat dikunyah. Jajanan ini juga sering mucul di Drama – drama atau acara Variety Show di Korea kayak di Drama BBF atau Full House. Makan Topokki itu biasanya pake saos marah\gochujang yang pedas dan panas. Saat musim dingin, Topokki jadi jajanan nomor sayu yang paling di cari

Tapi, ada jug Topokki yang disebuat dari ikan, nah kalau yang ini namanya Fish Cake dan ada juga Topokki yang pakai saos asin. Biasanya, ini khusus buat yang gak doyan pakai saos pedas. Sekarang ini bentuk Topokki  bermacam – macam dan ada isinya. Ada yang kecil, bulat samapai yang berbentuk bintang. Kalau buat isinya, ada bermacam – macam, dari isi keju, daging, dan banyak lagi variasi lainnya .

K

IMBAB

Kalau sama nasi gulung yang satu ini pasti sudah pada familiar banget. Soalnya banyak yang bilang kalu Kimbab atau Gimbab adalah saudara kembarnya Sushi, bahkan ada yang bilang kalau Kimbab itu adalah Sushinnya Korea. Tapi ternyata Kimbab sama Sushi beda, apalagi buat masalah rasa. Kalau Sushi rasanya lebih asam soalnya pakai campuran cuka garam, gula dan garam. Kalau buat Kimbab cukup pakai garam sama merica saja. Rassa Kiimbab juga libih bisa diterima sama lidah orang Indonesia .

Cara buatnya sama kayak buat Sushi, Cuma agak sedikit beda buat isi Kimbabnya. Untuk isi Kimbab kebanyakan adalah sayuran – sayuran kayak timun, worter, telur kalengan dan crabstik. Kimbab emang paling asik buat dijadiin bekal Piknin sama masyarakat di Korea sana. Soalnya cara buatnya gampang dan makan waktu gak lama. Bahan – bahannya juga bisa dipadetin satiap supermarket .

Kimbab bisa disimpan buat beberapa hari ke depan, tapi jangan di taruh di kulkas soalnya Kimbabnya bisa berubah jadi keras dan gak enak dimakan. Lebih bagus kalau Kimbab langsung dimakan sehari setelah dibuat. Selain itu, waktu makan Kimbab biasanya selalu ditemanin sama sup Odeng .

K

IMCHI

Apa makan yang paling khas dan terkenal dari Korea ?, pasti semua udah pada tau dong yach . . . hehehee

Yup . . . Kimchi setiap mau menyantap makanan, pasti lauk yang satu ini gak ernah ketinggalan. Kalau makan gak pakai Kimchi rasanya pasti ada yang kurang. Mau makan pakai sup, pakai daging atau apa pun, pasti Kimchi selalu siap sedia di meja makan. Kimchi memang tradisional yang gak ada duanya .

Makanan khas yang satu ini sebenarnya dibuat dari sawi putih yang difermentsi dan dikasih bumbu pedas. Cara buatnya juga lumayan mudah. Pertama – tama sawi dicuci samapai bersih abis itu dikasih garam. Aabis itu sawinya dicampur sama bumbu yang terbuat dari udang krill, kecap ikun, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merqah. Setelah itu disimpan selama, paling cepat, dua hari sampai bumbunya meresap .

Di Korea ada lemari es atau tempat khusus buat menyumpan Kimchi selama masa fermentasi. Sebagian besar masyarakat Korea bikin Kimchi dalam junlah yang banyak waktu lagi panen sawi putih. Jadi emang dibutuhkan lemari khusus buat menyumpan makanan ini. Jangan pakai lemari es biasa buat menyumpan Kimchi saat difermentasi, soalnya bisa merusak fermentasi sawinya. Setelah selesai difermentasi baru Kimchi bisa dimakan dan boleh disimpan di kulkas supaya bisa dimakan kapan saja .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s