KUMPULAN INFO

HARD DISK KECEPATAN TINGGI

Ketergantungan manusia pada kumputer, makin lama makin tinggi. Komputernya pun lama kelamaan makin canggih, sampai meaksa piranti prosesornya berkembang lebih cepat demi memenuhi kebutuhan tersebut. Tidak berhenti sampai di perangkat prosesor, penyimpan datanya pun digenjot atau menggenjot dirinya sendiri kalau tidak mau ketinggalan .

Piranti penyimpanan data HDD (Hard Disk Drive) sekarang ini, tidak Cuma kapasitasnya yang makin luar biasa besarnya, tapi juga kecepatannya dalam membaca data. Tingkat kecepatan membaca HDD diukur dari putaran piringan HDD dalam satu putaran RPM (Revolution Per Minute) makin cepat piringan hard disk berputar, makin banyak data yang dibaca .

Biasanya kecepatan hard disk membaca data sekitar 5.400 RPM sampai 7.200 RPM, tapi sekarang ini, pabrikan hard disk sudah  mulai membuat hard disk dengan kecepatan 10.000 sampai 15.000 RPM. Sejak setahun lalu Western Digital sudah mengeluarkan WD VelociRaptor kapasitas 400 dan 600 GB dengan kecepatan 10.000 RPM. HDD berbasis SATA ini khusus dibikin buat komputer yang kinerjanya tinggi, misalnya workstation professional atau rack server .

Hard disk dengan RPM tinggi mampu membuat pergantian gambar bergerak, biasanya di game, multimedia atau film, jadi keliatan halus (gak patah-patah) Beberapa kelebihan lainnya dari Hard Disk WD VelociRaptor di antaranya bisa beroperasi 24 jam selama tujuh hari dalam seminggu, tanpa berhenti dan masa aktifnya pun sampai 1,4 juta jam .

Head perekamnya, gak menyentuh media disknya, makanya bisa awet, kabarnya, WD seja Februari sudah menyiapkan HDD dengan kecepatan 20.000 RPM, sementara toko sebelanya, Seagate udah merilis HDD teerbaru dengan kecepatan 10.000 RPM. Sejauh ini, pasaran masih dibanjiri produk hard disk dengan kecepatan 5.400 dan 7.200 RPM karna alasan harganya lebih murah .

MESIN PEMBACA FIKIRAN

Dunia teknologi dan kesehatn bakal punya sebuah piranti hebat untuk membaca pikiran secara nirkabel. Piranti ini nantinya bisa memindahkan pikiran dengan cepat untuk mengambil data percakapan. Piranti ini nantinya buat membantu seseorang yang mengalami gangguan pada otaknya saat berkomunikasi .

Tapi karna temuan baru ini belum sesuai ekspektasinya dengan yang diharapkan (agak lambat dalam membaca), ahli saraf kognitif, Frank Guenther dari Boston University serta timnya terus mendalami dan akhinya mereka menemukan piranti baru yang lebih mutakhir. Piranti ini memakai elektroda yang ditanamkan langsung ke dalam otak. Alat ini bisa meneliti cara bisara seseoran dalam waktu yang riil .

Konon kabarnya, piranti ini akan mempermudah komunikasi pada orang yang mengalami kelumpuhn total. Sehingga suatu saat nanti, individu yang tidak bisa becara, kemungkinan bisa bersuara lagi. Tentunya lewat kommputer setelah pirantinya tertanam di otak .

Dari uji coba yang dilakukan pada seorang relawan yang hampir lumpuh total karna stoke yang sudahh cukup lama para ilmuwan menanamkan “dengan elektroda” dua kawaat ke bagian otak yang tugasnya berfikir dan menjalankan gerakan yang berhubungan dengan bicara dan hasilnya lumayan oke. Elektroda tersebut berhasil mencatat sinyal dari otak saat komunikasi dilakukan oleh sukarelawan. Dan dengan teknologi nirkebel, data itu terkirim pada sebuah synthesizer suara. Beda waktu antara aktivitas otak dan hasil suara Cuma 50 milidetik. Mendekati komunikasi normal .

Fous penelitian ada pada huruf – huruf vokal. Maklum saja, komponen suaranya sudah dipelajari selama puluhan tahun. Sementara piranti lunaknya sudah tersedia buat menangkap hasil suara dengan cepat. Kemajuannya pun cukup signifikan, tingkat aurasi huruf vokal sudah 50 persen dalam 25 sesi selama 5 bualan. Tantangan berikutnya pasti gimana menghasilkan suara konsonan. Beda synthesizer sih, tapi tim ahli terus berusaha .

Kalau sisterm yang dipakai buat mengambil data Cuma dari dua kawat, nantinya para ilmuwann tersebut pengen menanam sistem dengan 32 kawat. Pastinya agar komunikasi yang dihasilkan jauh lebih baik dari sebelumnya. Kita tunggu saja penemuan mereka selanjutnya .

PESAWAT BERTENAGA SURYA

Buat mengurangi polusi yang dihasilkan pesawat terbang, banyak peneliti berusah menemukan teknologi – teknologi baru, khususnya kendaraan minim gas buang yang merungikan lingkungan. Dan satu temuan hebat itu sudah muncul dan diuji coba, yakni pesawat terbang dengan menggunakan tenaga surya atau solar impulse .

Dalam sebuaah uji terbang, prototipe pesawat dengan tenaga surya tersebut sukses menjalani penerbangan pertamanya di Swiss. Dan menariknya, pesawat ini terbang dalam kecepatan 45 kilometer perjam. Kekuatannya cuma 10 kali motor elektrik. Tapi pesawat ringan dengan satu penumpang dan pilot ini sanggup lepas landas dari lapangan udara Payerne dengan mulus. Naik perlahan – lahan sampai ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Dan setelah mengudara selama 87 menit, solat impulse berhasil mendara dengan baik .

Dari hasil ini pimpinan proyek rencananya meneruskan penelitian ke tahap penyempurnaan pesawat agar memenuhi kelayakan terbang. Maklum, tik yang anggotanya berjumlah 70 orang dan sudah bekerja selama 7 tahun buat membuat pesawat tenaga surya ini. Dan mereka punya terget mewujudkan apa yang mereka impikan. Terbang dengan pesawat tenaga surya keliling dunia sampai tahun 2013. Dan rencana tersebut akan direalisasikan tahun depan .

Konon kabarya lebar sayap pesawat solar impulse ini hampir mirip dengan pesawat Airbus A340 dan memiliki berat 1.600 kg. Di bagian sayap pesawat dipasang 12.000 sel surya yang bisa mengisi motor elektrik dan baterai sebesar  400 kg.

Wah . . . kalau benar – benar dapat terbang selama itu, mereka bisa tidak kena bencana yang katanya akan terjadi tahun 2012 .

SUKSES DIET DENGAN SARAPAN

Kebiasaan sarapan sebelum beraktifitas merupakan kebiasaan yang baik. Apalagi kalau menu sarapannya pun tepat . tidak Cuma buat badan kamu lebih berenergi, tapi bisa juga menjaga kistabilan berat badan .

Dibanding makan siang dan atau makan malam, sarapan pagi bisa dibilang jadwal makan terpenting dalam sehari full. Karena, setelah semalaman beristirahan, tubuh dan otak membutuhkan asupan makanan yan cukup untuk memunculkan energi lagi di pagi hari. Makanan yang dikomsumsi saat sarapan, akan menjadi bekal energi. Kalau bisa sarapan jangan sekedar mengisi perut kosong dengan aneka macam makanan. Pilih jenis sarapan pagi yang kaya akan karbohidrat, protein dan vitamin.

Repot, jangan ?!!!

Caranya gampang, siapkan jenis makanan yang praktis dikomsumsi. Banyak makanan cepat disajikan sudah mengandung protein serta karbohidrat kompleks. Konon kabarnya, lewat beberapa penelitian yang sudah dilakukan, sarapan dengan emnu yang komplit dan gizi seimpang bisa meningkatkan energi, fungsi kognitif dan mencegah makana yang berlebihan saat siang harinya. Akibatnya berat badanpun makin bisa dikontrol .

Sarapan seperti apa yang dibutuhkan agar tubuh lebih berenaegi ?

Coba buat omelet dan sendwich isi. Atau dengan mengisi oti dengan sosis dan menyentapnya dengan omelet. Selain nikmat, sarapan seperti ini sangat bergizi. Kalau tidak terbiasa, bisa campur dengan yoghurt .

Menu yang tidak kalah gizinya adalah roti panggang dengan isi selai kacang yang disirami madu. Energi yang didapat bisa berlipat. Selain itu, kita bisa memulai aktifitas dengan segar, bahagian dan sehat sehingga semua renana bisa berjalan dengan maksial #silahkan mencoba yaaaah . . . J

KURANG GIZI ?

MUNGKIN KURANG ENZIM

Banyak alasan seseorang menderita kekurangan gizi. Tapi seorang dokter ahli penyakit dalam, mengingatkan masyarakat kalau kekurangan enzim secara kronis pada tubuh bukan tidak mungkin mengakibatkan munculnya kasus kurang gizi tau malgizi, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan berat badan menjadi berkurang serta turunnya daya tahan tubuh .

Hal ini diungkapakan oleh dokter Ari Fahrial Syam, dari divisi Gestroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam RS.Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Menurutnya kekurangan enzim berujung pada nyeri ulu hati. Dan ras tidak nyamanpada ulu hati akan menjadi muat serta muntah. Lalu perut terassa kembung dan kemudian akan sering bersendawa .

Dokter yang juga bertuga di FKUI, Jakarta ini mengatakan bahwa enzim merupakan suatu protein yang dibutuhkan tubuh untuk memecah makanan utuk menjadi bagian – bagian yang lebih mudah diserap oleh dinding dalam usus. Banyak jenis enzim. Di antaranya enzim yang berfungsi untuk memcah karbohidrat, menurai laktosa, memecah lemak serta memecah dalam lambung. Kalau saja sampai kekurang enzim, seseorang bisa mengakibatkan malabsorbsi yang menjadi penyebab untuk diare kronik. Jadi kalo nyeri perut belum tentu desebabkan oleh sakit maag saja.

Cara mengurangi masalah kekurangan enzim ini ?

Dokter menyarankan melakukan diet terutama agar makanan berlemak, keju serta coklat dapat dikurangi. Tapi katanya ada suplemen khusu enzim .

SINGKON BISA GERAKIN MOBIL ?

Sumber energi datang dari mana saja. Tanaman yang gampang ditemukan seperti Singkong bisa menjadi bahan bakar untuk menggerakan mobil. Energi yang dihasilakan pun bukannya main – main. Lewat singkong, mobil bisa melaju sepanjang 200 km tanpa ada masalah yang serius. Itu artinya, suatu saat nanti, singkon akan menjadi bahan bakar baru yang rama bagi lingkungan .

Bagaiman cara singkon dapat menggerakan mobil seberat sekitar 100 kg ?

Menurut S.Adibrat (penemu), pertama – tama singkong harus melalui proses pengupasan. Kemudian penggilingan, setelah itu disaring terakhir diaduk hingga merata #kaya buat adoanan kua aja yah . . .😀 . Singkong yang sudah berbentuk bubuk hasil dari penggilingan, ditambakan enzim. Berikutnya dimasukan ke dalam tangki penukar panas .

Proses berikutnya adalah fementasi dengan menggunakan ragi roti. Hasil fermentasi tersebut dimasukan lagi ke tabung destilasi hingga akhirnya barubah hasil menjadi bioetanol. Bahan yang juga disebut sebagai blopremium inilah yang nantinya akan menjadi bahan bakar untuk menggerakan mesin .

Untuk dapat melancarkan kerja bahan bakar dari Singkong ini, harus pakai alat bantu yang fungsinya sebagai converter untuk mempermudah proses pembakaran. Masa buat memamaskan mesinnya harus digas terus, masalah jadi masalah nanti. Converter ini diletakan di filter bahan bakar sampai ke mesin. Muncul converter, karena belum ada ternologi pendukung pembakaran biopremium untuk mesin standar seperti sekaran ini. Konon kabarnya, bahan bakar menggunakan singkon ini sudah diuji coba ke 1.200 kendaraan dengan hasil baik #akhiiirnya dah bahan bakar yang dapat ramah lingungan . . . J

SERING KENCING MALAM .

RESIKO KEMATIAN LEBIH TINGGI ?

Bukan maksudnya mau nakut – nakutin, ternyata orang yang sering buang air kecil pada malam hari punya resiko tinggi yang berujun pada kematian. Fakta ini didasari dengan hasil penelitian yang mengatakan bahwa kebiasaan buang air kecil di malam hari merupakan kondisi medis yang diperkirakan jadi sebab utama kematian di kalangan orang dewasa maupun kalangan lanjut usia. Penelitian yang dilakukan di England Research Institute di Watertown, Massachusetts terhadap rekam kesehatan sedikitnya 16.000 Pria dan Wanita umur 20 tahun ke atas membuktikan kalau orang – orang yang bangun malam hari dan buang air kecil sebanyak dua kali atau lebih, punya resiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang buang air kecil kurang dari dua kali di malam hari .

Seringnya buang air kecil bisa jadi pertanda kalau orang tersebut lagi punya penyakit yang tidak terdeteksi atau itu adalah pertanda adanya perkembangan dari penyakit kronis. Kebiasaan buang air kecil waktu tidur malam juga bisa beresiko ke munculnya penyakit lain, misalnya kerapun tulang yang terjadi akibat gerakan waktu bangun dari tempat tidur buat pergi ke kamar kecil .

Hubungan antara kebiasaan buang air kecil dan resiko kematian ini tertama dapat terjadi pada penderita diabetes dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, resiko kematian akan hal ini juga sangat tinggi pada orang yang berusia antara 20 tahun sampai 64 tahun ke atas. “Orang mudah yag mengaku sering mengalami buang air kecil di malam hari, punya resiko kematian dua kali lebih tinggi dari pada orang yang tidak punya kebiasaan ini. Sedangkan orang dewasa yang intens buang air kecil di malam hari, punya resiko kematian lebih tinggi 20 sampai 30 persen” kata peneliti dari New England Research Institutes, Varant Kupelian .

Varant menguji data dari Third National Health dan Nutrition Examination Survey (NHANES III) yang dilakukan antara tahun 1988 dan 1994. Termaksud data sertifikat kematian yang terdapat pada indeks kematian nasional hingga sepanjang Desember 2000. Dalam kelompok studi yang terdiri atas 15.988 Pria dan Wanita, kebiasaan buang air kecil pada Pria sebanyak 15,5% sedangkan pada Wanita 21% dan semakin tinggi seiring bertambanya usia .

MAKAN KEMALAMAN, BIKIN GIGI CEPAT RUSAK

Buat yang suka makan kemalaman, apalagi makannya di tengah malam, sepertinya harus mulai waspada. Kalau bisa agak dikurangin, karna ternyata makan di malam hari atau tengah malam lebih beresiko terhadap muncylnya masalah keseshatan gigi .

Peneli di Denmark dalam tulisanya yang diterbitkan dalam jurnal Eating Behaviours mengatakan bahwa berkurangnya air liur di malam hari adalah penyebabnya. Padahal, seperti yang sudah banyak orang tau, air liur itu cukup penting buat menghilangkan sisa – sisa makanan dari mulut. Jadi, perubahan aliran air liur yang cenderung mengering di malam hari inilah yang jadi penyebab rusaknya gigi .

Tim peneliti dari Copenhagen Univesity yang bekerja sama dengan peneliti dari Amerika memeriksa 2.217 catatan medis orang Denmark yang sudah terdaftar dalam penelitian medis. Sebanyak 173 orang atau sekitar 8% dari jumlah pertisipan itu bisa dibilang sebagai orang yang doyan makan di malam hari. Mereka mengonsumsi seperempat atau bahkan lebih dari kebutuhan kalori harian, setelah makan malam atau ketika terbangun di tengah malam sedikitnya dua kali seminggu. Peneliti mengamati apa yang terjadi dengan mereka ini selama enam tahun berikutnya. Hasilnya mengejutkan, ternyata mereka lebih mungkin mengalami kehilangan atau kerusakan padda gigi, bahkan setelah memperhitungkan faktor – faktor lain seperti usia, merokok dan konsumsi karbohidrat atau gula. “Makan di malam hari, saat mulut kering dan makan tetap bera di dalam mulut, menekan dampak dari makanan manis dan asam, serta minuman yang dikomsumsi” ujar Profisor Damien Walmsley, penasihat ilmiah untuk British Dental Association, sepeti dikutip dari BBC .

Prof Walmsley juga menyarankan jika ingin mengurangi kerusakan gigi, sebaiknya selalu menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, dua kali sehari, salah ssatunyansebalum tidur. Selain itu, kalau bisa, hanya mengonsumsi air putih setidaknay satu jam sebelum menyikat gigi terkhir. Dr Jennifer Lundgren dari Copenhagen Universy juga menambahkan, walaupun dokter gigi tidak bisa menghentikan kebiasaan pasiennya yang suka makan di malam hari, dokter harus mampu membuat pasien sadar dengan resio yang akan terjadi .

MISTERI MATI SURI TERPECAHKAN

Pernah dengar tentang Mati Suri ?, kejadian orang dianggap sudah meninggal, tapi taunya hidup lagi. Dri beberapa kerjadian mati suri, mereka yang mengalami mengatakan bahwa saat “Mata” itu mereka serasa ngambang di atas tubunya sendiri, ada juga yang bilang kalau mereka kayak lagi jalan di terowongan cahaya. Jadi penasaran, sebenarnya Mati suri itu apa ?

Ternyata, pengalam menjelang hampir mati mungkin hanya disebabkan oleh badai listrik di otak yang sekarat. Sebuah studi tentang otak sakit kritis pada Pria dan Wanita mengungkapkan adanya semburan singkat aktivitas sebelum kematian. Setidaknya ini seperti yang dikatakan bahwa pengalaman hampir mati bisa disebabkan oleh gelombang dan tingkat oksigen habiis, sel – sel otak memicu satu impuls listrik terakhir. “ini dimulai di salah satu bagian dari otak yang menyebar dan ini dapat memberikan sensasi” katanya.

Dr Chawla, memantau aktivitas otak dari tujuh orang sakit untuk memastikan obat penghilang rasa sakit yang sedan diberikan bekrja dengan efektif. Dalam setiap kasus, aktivitas otak dalam satu jam atau lebih sebelum kematian terpotong oleh dorongan singkat, yang berlangsung ddari 30 detik sampai 3 menit. Tingkat yang sama seperti yang terlihat pada orang sadar, meskipun tekanan darah sangat rendah dapat menghasilkan perasaan dan cahaya terang .

“Kami berspekulasi bahwa pasa pasien yang berhasil kembali hidup, mereka mungkin ingat gambar dan kenangan yang dipicu oleh aktivitas itu. Kami menawarkan ini sebagai penjelasan di mana banyak pasien telah keluar dari tubuh ketika berhasil kembali dari pengalaman hampir mati” lanjutnya .

Hasil penelitian Dr Chalwa yang dimuat dalam Jurnal Kedokteran Paliatif yang diterbitkan bulan lalu ini juga nyebutin kalau pengalam mati diakibatkan terunya level karbon dioksida di dalam darah dan mengubah keseimbangan kimia otak dan membbuat orang seperti “melihat’ sesuatu .

Serupa tapi tak sama, sebuah studi sebulumnya juga bilang bahwa hampir satu dari lima pasien serangan jantung yang selamat dilaporkan mengalami pengalam hampir mati, seperti merasakan raga kelua dari bada, seperti melihat kerabat atau teman yang sudah meninggal, dan merasa seperti melihat sosok sendiri lagi berkedip di depan mukanya .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s