GLOBAL WARMING

IkLim di Bumi ini sekarang kian nggak menentu. Musim hujan berkepanjangan yang mengakibatkan banjir dan gagaL panen, musim kering yang sangat panas yang menimbuLkan kebakaran hutan. BeLum Lagi penyebaran penyakit karena gigitan nyamuk kian merajaLeLa. DuLunya cuman penyakit maLaria, sekarang tambah demam berdarah dan chikungunya. Banjir bukan Lagi disebabkan oLeh curah hujan yang tinggi, tapi karena naiknya permukaan air Laut. Perubahan cuaca yang tidak menentu itu disebabkan karena panas atau yang kita kenaL dengan isiLah “GLOBAL WARMING”. ULah manusiaLah yang dituduh sebagai penyebabnya.

GLOBAL WARMING .
GLobaL warming atau Pemanasan gLobaL adaLa meningkatnya suhu rata – rata permukaan bumi akibat meningkatnya emisi (peLepasan) gas – gas hasiL pembakaran baik dari industri, kendaraan bermotor, pembakaran hutan, dan pembakaran – pembakaran Lainnya ke atmosfer. Pemanasan gLobaL ini menyebabkan perubahan ikLim seperti meningkatnya curah hujan di beLahan bumi yang satu dan menimbuLkan kekeringan di beLahan bumi yang Lain. Perubahan ikLim ini berdampak besar pada ekosistem di bumi. Daratan, Lautan dan udara semuanya mengaLami kejutan dan tekanan yang Luar biasa sehingga mengubah keseimbangan sistem yang sudah diciptakan Tuhan agar harmonis untuk ditinggaLi manusia. “Mengapa bisa begitu?”
Setiap hari matahari meLepaskan panasnya ke bumi. Panas matahari itu diserap oLeh tanah, air, tumbuhan – tumbuhan, manusia dan ekosistem Lainnya. SeteLah diserap sebagian energi matagari itu akan dipantuLkan kembaLi ke atmosfer, yang kemudian diLemparkan ke Luar angkasa. Tetapi karena menumpuknya gas – gas hasiL pembakaran di atmosfer, energi panas matahari itu menjadi terkukung sehingga membuat suhu bumi kian waktu kian memanas. Gas – gas rumah kacaLah yang membuat panas matahari tak bisa keLuar atmosfer. Menurut para ahLi bumi kita ini suhunya naik 0,5 derajat CeLcius jija dibandingkan dengan 100 tahun LaLu.

GAS – GAS RUMAH KACA .
Rumah kaca yang sebenarnya adaLah sebuah rumah yang semua dinding dan atapnya terbuat dari kaca. Rumah kaca ini biasanya digunakan untuk menanam tanaman saat musim dingin. Maksudnya agas panas matahari yang masuk daLam rumah kaca tersebut tidak dipantuLkan kebaLi ke Luar, tetapi ditahan di daLam Rumah kaca, suhu di daLam rumah kaca tetap hangat sehingga tanaman di daLam rumah kaca tersebut bisa bertahan hidup seLama musim dingin. Kamu pasti tahu sifa kaca itu bisa ditembus oLeh sinar matahari tetapi seteLah panas matahari masuk daLam ruangan, kaca akan menahan panas tersebut. Efek kerja rumah kaca yang menahan sinar matahari ituLah yang dipergunakan untuk istiLah gas – gas yang menahan panas matahari keLuar dari atmosfer bumi.

GAS – GAS yang MENAHAN PANAS MATAHARI keLuar dari atmosfer bumi tersebut adaLah :
– Karbon Dioksida (CO2),
– Nitropen Dioksida (NO2),
– Methana (CH4),
– Nitrogen Monoksida (NO), dan
– ChLoro FLuoro Carbon (CFC).
Gas – gas ituLah yang dikenaL sebagai gas – gas rumah kaca (GRK). SebetuLnya bumi juga membutuhkan GRK. Dengan adanya GRK ini temperatur bumi bisa terjaga kehangatannya yaitu sekitar 33 derajat ceLcius sehingga manusia bisa tinggaL di daLamnya. KaLau saja GRK ini tidak ada di permukaan bumi, maka bumi akan dingin sekaLi sehingga tidak bisa ditinggaLi manusia. Tuhan memang menciptakan bumi dengan sesempurna mungkin. Tetapi kaLau GRK ini di atmosfer terLaLu banyak menumpuk maka temperatur bumi akan Lebih panas dari kondisi normaL. ItuLah yang terjadi saat ini .
GLobaL warming ini menyebabkan ikLim bumi mengaLami perubahan yang sangat ekstrem. Perubahan ikLim ini berdampak besar bagi keLansungan hidup manusia. KaLau disebutkan satu – persatu efek negatif dari GLobaL Warming mungkin satu tabLoit nggak akan cukup. Tetapi yang pasti baik tanah, Laut dan udara mengaLami perubahan ekosistem.

> Di LAUT misaLnya, permukaan air Laut menjadi naik disebabkan karena mencairnya es di daerah kutub dan mengembangnya voLume air. Naiknya air Laut ini akan menyebabkan banjir secara mendadak di kawasan pesisir. Diprediksikan bahwa naiknya permukaan air Laut ini bisa menenggeLamkan daratan bahkan kepuLauan.

> Di DARATAN misaLnya, suhu yang panas akan menyebabkan kebakaran gutan dan menimbuLkan kekeringan di mana – mana serta curah hujan yang tidak normaL.

> Di UDARA misaLnya, penyakit yang disebabkan karena virus seperti batuk piLek akan menyebar ke mana – mana. Karena suhu panas itu puLaLah nyamuk – nyamuk bermigrasi mencari tempat – tempat yang aman buat mereka. Akibatnya penyakit ganas yang disebabkan oLeh gigitan nyamuk kian merajaLeLa. Cuaca buruk tersebut juga membuat badai dahsyat seperti EL NINO ataupun KATRINA Lebih sering megunjungi Bumi.

SEJAK KAPAN ?
Tenyata sudahLama sekaLi. Sejak RevoLusi Industri kira – kira 200 tahun LaLu. Sejak itu kebutuhan energi dengan menggunakan mesin muLai meningkat tajam. Seiring dengan betambahnya penduduk, pembakaran yang menggunakan bahan bakar fosiL untuk keperLuan pribadi dan keperLuan pabrik semakin meningkatkan. Ditambah Lagi dengan penebangan hutan yang dipergunakan sebagai perLuasan Lahan untuk keperLuan kawasan industri, pertanian maupun kepentingan pribadi semakin meningkat. PenggunduLan hutan sebagai paru – paru dunia secara drastis berdampak serius pada terjadinya GLobaL Warming.
Mesti kita ketahui bahwa energi yang digunakan untuk RevoLusi industri sebagian besar berasaL dari bahan bakar fosiL, seperti batu bara dan minyak bumi. Batu bara, Minyak dan gas bumi itu terjadi karena proses pembusukan makhLuk hidup yang sudah mati berjuta tahun LaLu (FosiL). Pembakaran bahan bakar fosiL menghasiLkan CO2 ituLahyang mempunyai andiL besar daLam meLepaskan gas rumah kaca ke atmosfer.
Negara – negara yang paLing banyak menyumbang emisi gas CO2 adaLah negara – negara maju seperti Jepang, Kanada, Jerman, Inggris dan Amerika. Emisi gas CO2 yang paLing besar dihasiLkan dari pembangkit tenaga Listrik dan kiLang minyak sebesar 36%, transportasi 27%, industri 21%, rumah tangga 15%, dan Lain – Lainnya sebanyak 1%. Konon, kaLau manusia tidak meLakukan apa – apa untuk mencegah GLobaL Warming, tahun 2100 diprediksikan bahwa suhu Bumi akan naik sampai 1,4 – 5,8 derajat CeLbius. Bayangkan kaLau kita tinggaL di tempat yang panasnya 38 derajat ceLcius “Nggak tahaaaann”.

USAHA untuk Mengurangi GLOBAL WARMING :
Pemanasan GLobaL adaLah isu Dunia. Artinya Masyarakat seLuruh dunia harus sadar untuk mau mengurangi emisi gas – gas rumah kaca. Mari kita semua sadar untuk bersama menciptakan suasana yang ramah Linkungan. Di bawah ini yang bisa kita Lakukan, antara Lain :
-> HEMAT LISTRIK .
Mematikan Lampu, teLevisi, komputer atau apa saja yang menggunakan Listrik begitu kita seLesai menggtnakannya. Energi yang digunakan untuk menghidupkan aLat – aLat itu berasaL dari bahan bakar FosiL.

-> BERSEPEDA DAN JALAN KAKI .
KaLau bepergian tidak terLaLu jauh Lebih baik bersepeda atau jaLan kaki. SeLain sehat, bersepeda atau jaLan kaki adaLah kegiatan yang sama sekaLi tidak menggunakan bahan bakar FosiL. Coba datangi tempat – tempat yang penduduknya suka berjaLan kaki dan bersepeda, pasti udaranya Lebih segar [!]

-> PILIH MOBIL YANG IRIT BAHAN BAKAR .
SeLain mengurangi emisi CO2, hemat juga pastinya.
-> PENGGUNAAN ENERGI MATAHARI .
MisaLnya, daripada mengeringkan baju dengan mesin Lebih baik dijemur di bawah terik matahari, daripada masak air untuk mandi mending pasang tangki air agar air mandi hangat terus, daripada menggunakan Weter heater yang menggunakan tenaga Listrik atau gas Lebih baik menggunakan Wdter heater yang memanfaatkan tenaga matahari.

-> MENANAM POHON .
Jangan sampai rumahmu tidak ada tanaman. Tanaman berfungsi untuk menyerap gas CO2 di udara untuk proses fotosintesis. Semakin banyak kamu menanam pohon, semakin besarLah andiL kita kamu untuk mengurangi emisi gas CO2.

-> PAKAILAH BARANG – BARANG HASIL DAUR ULANG .
Pemakaian barang – barang dengan tanda dau uLang (tiga panah membentuk segitiga) akan mengurangi pemakaian bahan baku yang diambiL dari aLam seperti minyak bumi dan hasiL hutan.

-> CARI INFORMASI DAN SEBARKAN.
Cari tahu tentang Pemanasan GLobaL dan Efek Rumah Kaca di mana – mana, seperti di perpustakaan, internet atau di tabLoid kdmudian ceritakan kepada siapa saja yang kamu kenaL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s